Tuesday, December 10, 2013

Penjelasan dan Khasiat Tanaman Toga Secara Umum

Tanaman Toga
 
 
Apa sih Tanaman Toga dan Khasiatnya?
 
Tanaman Toga atau juga disebut dengan tanaman obat keluarga merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat berbagai macam penyakit atau untuk pencegahan penyakit. Tidak bisa dipungkiri obat - obatan kimia yang kita konsumsi mempunyai efek samping bagi tubuh kita seperti, bakteri atau virus yang semakin resistan atau kebal terhadap obat maupun kerja ginjal yang ekstra akibat mengkonsumsi obat - obatan kimia. Namun, tanaman toga hadir sebagai solusi untuk permasalahan yang tidak bisa diselesaikan dengan obat-obatan kimia. Hal ini dikarenakan, vitamin maupun gizi yang terkandung dalam tanaman toga masih alami dan bersahabat bagi tubuh kita sehingga mampu meminimalisir efek samping yang di timbulkan. Khasiat dari tanaman toga juga mampu menyembuhkan penyakit mulai dari ringan sampai penyakit yang berat walaupun tidak semua tanaman toga dapat menyembuhkan penyakit yang spesfik yang hanya bisa disembuhkan dengan obat - obatan kimia.
 
Fungsi TOGA Lainnya :
Salah satu fungsi Toga adalah sebagai sarana untuk mendekatkan tanaman obat kepada upaya-upaya kesehatan masyarakat yang antara lain meliputi:
  1. Upaya preventif (pencegahan)
  2. Upaya promotif (meningkatkan/menjaga kesehatan)
  3. Upaya kuratif (penyembuhan penyakit) selain itu juga berfungsi untuk
Sarana untuk memperbaiki status gizi masyarakat, sebab banyak tanaman obat yang dikenal sebagai tanaman penghasil buah-buahan atau sayur-sayuran misalnya lobak, saledri, pepaya dan lain-lain.
  1. Sarana untuk pelestarian alam.
  2. Pelestarian tanaman bermanfaat, Apabila pembuatan tanaman obat alam tidak diikuti dengan upaya-upaya pembudidayaannya kembali, maka sumber bahan obat alam itu terutama tumbuh-tumbuhan akan mengalami kepunahan.
  3. Penghijauan.
  4. Untuk menghijaukan bukit-bukit yang saat ini mengalami penggundulan, dapat dianjurkan penyebarluasan penanaman tanaman obat yang berbentuk pohon-pahon misalnya pohon asam, pohon kedaung, pohon trengguli dan lain-lain.
  5. Sarana untuk pemerataan pendapatan.
  6. Toga disamping berfungsi sebagai sarana untuk menyediakan bahan obat bagi keluarga dapat pula berfungsi sebagai sumber penghasilan bagi keluarga tersebut.
  7. Sarana keindahan.
Dengan adanya Toga dan bila di tata dengan baik maka hal ini akan menghasilkan keindahan bagi orang/masyarakat yang ada disekitarnya. Untuk menghasilkan keindahan diperlukan perawatan terhadap tanaman yang di tanam terutama yang ditanam di pekarangan rumah …
 
Pada artikel tanaman toga berikutnya akan di bahas satu per satu tanaman toga beserta khasiatnya
Simak terus artikelnya ya
.
ACt Green!
Kincir Hijau - Tumbuh Berbagi Kehidupan
^_^
 

No comments:

Post a Comment