Friday, December 13, 2013

Manfaat Serbuk Bunga Pinus

Hai Kawan Kincir :D
Kalian tau tentang Bunga Pinus?
Apa saja manfaat dari Serbuk Bunganya?


Bunga Pinus
Hutan Pinus di daerah Pacet, Jawa Timur

   Sebelum kita membahas tentang bunganya, kita bahas dulu tentang pohonnya. Pohon pinus di daerah Indonesia kebanyakan adalah Tusam Sumatera yang merupakan tumbuhan runjung (Pinophyta) dengan daun berbentuk jarum. Tumbuhan ini berumah satu, berarti organ kelamin jantan dan betina terpisah namun dalam satu individu. Bentuknya pohon dengan tajuk cenderung berbentuk kerucut, walaupun terdapat variasi yang cukup besar.
   Tumbuhan ini mendominasi hutan tropika pegunungan di Indonesia bagian barat pada ketinggian mulai dari 600m di atas permukaan laut hingga sekitar 1500m, khususnya di Sumatera. Perum Perhutani membudidayakan tusam di sejumlah tempat diJawa dan Sumatra untuk disadap getah batangnya, sebagai bahan baku terpentin dan gondorukem.
   Untuk Pinus, memang banyak sekali klasifikasinya, namun kali ini kita ambil salah satu contoh pinus yaitu Pinus Merkusii. Pinus merkusii (Pinus) adalah salah satu tanaman monokotil yang mempunyai ciri khas dengan daunnya yang memipih seperti jarum dan berkelompok atau berupa sisik. Strobilus jantan dan strobilus betina dalam satu pohon, mempunyai ukuran strobilus jantan lebih kecil dibandingkan dengan strobilus betina (berkayu), terletak aksilaris. Pohon berkayu (woods), strobilus bentuk conus. 

Adapun klasifikasinya mulai dari kingdom hingga spesies, yaitu:
-          Kingdom               : Plantae (Tumbuhan)
-          Subkingdom         : Tracheobionta (Tumbuhanberpembuluh)
-          Divisi                     : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
-          Subdivisi               : Gymnospermae
-          Kelas                     : Coniferinae
-          Subkelas               : Dillenidae
-          Ordo                      : Coniferales
-          Famili                    : Pinaceae
-          Genus                    : Pinus
-          Spesies                 : Pinus merkusii Jungh.& De Vr

Kemudian, apa saja manfaat dari serbuk bunganya?
Serbuk Bunga Pinus

Serbuk bunga pinus (dilihat dengan mikroskop)
   Serbuk bunga pinus adalah sel pertumbuhan inti bunga pohon pinus, merupakan ekstrak pohon pinus, mengandung gizi yang kaya, dengan menyatukan unsur kehidupan yang berjumlah besar, termasuk berbagai protein, asam amino, mineral, enzim dan tambahan enzim, asam nukleat, flavonoid, gula tunggal, poli-sakarida, dll., semuanya berjumlah lebih dari 200 jenis, dapat memberi suplemen yang menyeluruh, mengimbangkan gizi yang diperlukan tubuh, dan mempunyai nilai pemeliharaan kesehatan yang sangat tinggi, disebut sebagai “ekstrak pinus, ekstrak bunga, sumber kecantikan“. Manfaat lainnya adalah :

  1. Memperkuat tenaga, menghilangkan keletihan. Komposisi istimewa serbuk bunga pinus dapat secara nyata memperbaiki metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi dan vitalitas berbagai sistem organ di dalam tubuh, melawan kekurangan oksigen, berkhasiat memperbaiki kondisi keletihan, mengurangi rasa lelah, kepala pusing, suka lupa, tak dapat konsentrasi, dan berbagai komplikasi keletihan kronis; dapat mengatur dan menenangkan nuansa hati, membuat orang merasa tenang. Selain itu, serbuk bunga pinus setelah diujicoba oleh pusat pengujian obat perangsang Olympiade China, ternyata tak mengandung komposisi terlarang, oleh karenanya bagi olahragawan boleh dikatakan sebagai suatu suplemen pemberi gizi yang ideal.
  2. Merupakan “ kosmetik oral“ alami. Serbuk bunga pinus mengandung vitamin dan mikro-nutrien yang kaya, dapat memperbaiki metabolisme gizi kulit, mempunyai fungsi memperbaiki jerawat, flek, ketombe, dan berbagai penyakit kulit lainnya.
  3. Melindungi jantung, mencegah penyakit pembuluh darah jantung. Serbuk bunga pinus bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, memperkecil pengendapan kolesterol di dinding pembuluh darah, meningkatkan kekenyalan pembuluh darah agar tekanan darah dijaga pada tingkat yang normal, dan mencegah berbagai jenis penyakit pembuluh darah jantung.
  4. Meningkatkan imunitas tubuh, mencegah berbagai penyakit menular dan tumor. Serbuk bunga pinus mengandung berbagai senyawa yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga aktivitas sistem imunitas tubuh nyata bertambah, juga berkhasiat untuk membasmi berbagai penyebab penyakit, dengan demikian dapat secara menyeluruh meningkatkan daya melawan penyakit, berkhasiat menurunkan persentase timbulnya infeksi, tumor dan penyakit imunitas.
  5. Memperkuat fungsi pencernaan, menambah napsu makan. Berbagai asam amino dan enzim aktif dalam serbuk bunga pinus dapat membantu sistem pencernaan untuk mempertahankan fungsi normalnya, merangsang sekresi kelenjar pencernaan dan menambah napsu makan; pada waktu bersamaan, juga dapat menghambat perkembang-biakan mikroba tak baik di dalam saluran pencernaan, dan mencegah timbulnya berbagai penyakit saluran pencernaan.
  6. Memperlambat penuaan. Percobaan farmakologi membuktikan bahwa serbuk bunga pinus mengandung anti-oksidan dalam jumlah besar, seperti vitamin E, carotene, dan mikro-nutrien, dapat menghambat reaksi oksidasi lipid dan protein di dalam tubuh, meningkatkan fungsi menghilangkan radikal bebas, dapat menghambat penuaan sel jaringan, meningkatkan metabolisme dan fungsi berbagai organ jaringan, berkhasiat untuk menghambat dan memperlambat penuaan.
  7. Meningkatkan pertumbuhan anak-anak yang sehat. Keperluan akan berbagai gizi bagi anak-anak dalam masa pertumbuhannya lebih mendesak; apabila pasokan gizi tak mencukupi pada tahap ini, maka akan memberikan pengaruh tak baik yang serius untuk tumbuh sehat di kemudian hari. Gizi yang menyeluruh, kaya dan mudah diserap pada serbuk bunga pinus merupakan “jalan pintas“ untuk penambahan gizi pada masa kanak-kanak.
   Banyak sekali bukan manfaatnya, kawan? Selama ini bunga pinus di daerah pegunungan masih dianggap sampah dan tidak dimanfaatkan secara optimal. Padahal banyak sekali manfaat dan khasiatnya. Tetap terus jaga lingkungan kawan. Lindungi bumimu!

KINCIR HIJAU | Tumbuh Berbagi Kehidupan

5 comments:

  1. kandungan zat nya apa saja ya kak ? dari zat paling di kandung paling banyak dan yg lain ?

    ReplyDelete
  2. komposisi dari pinus apa saja ya kak ? tolong di balas dong, perlu sekali

    ReplyDelete
  3. komposisi dari pinus apa saja ya kak ? tolong di balas dong, perlu sekali

    ReplyDelete
  4. kandungan zat nya apa saja ya kak ? dari zat paling di kandung paling banyak dan yg lain ?

    ReplyDelete
  5. Buat yang sakit tifus bisakah kalau yang tidak lagi sakit bisakah mengkosumsi?

    ReplyDelete