Sunday, December 8, 2013

Eceng Gondok dan Manfaatnya


Hai Kawan Kincir :D


Kali ini kita coba ketahui tentang Eceng Gondok.


Bunga Eceng Gondok
(http://id.wikipedia.org/wiki/Eceng_gondok)
Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, di beberapa daerah di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerahPalembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado dikenal dengan nama Tumpe. Eceng gondok pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan bernama Carl Friedrich Philipp von Martius, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman pada tahun 1824 ketika sedang melakukan ekspedisi di Sungai Amazon BrasilEceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Eceng_gondok)

kalau dilihat, seperti ini nih bentuk penampakan dari Eceng gondok yang tumbuh terlalu pesat :
















Terkadang juga jadi pemicu banjir karena tanaman yang merambat diatas air itu dapat menahan sampah. Sebab itu, banyak upaya memusnahkan enceng gondok karena dianggap sebagai tanaman pengganggu lingkungan dengan jalan pembabatan. (sumber : kaskus)

Meski demikian, Eceng Gondok juga memiliki banyak manfaat, diantaranya :

Pertama, katanya, hasil labnya menunjukkan eceng gondok mampu mengikat unsur logam dalam air. Makanya tanaman ini hanya cocok hidup di air yang kotor dibandingkan air bersih.

Kedua, daunnya bisa dipakai bahan pakan ternak.


Ketiga, seratnya bisa dipakai bahan kerajinan tangan dan sudah banyak diekspor ke luar negeri. 


Keempat, batangnya bisa dipakai penyangga rangkaian bunga.


Kelima, daun dan akarnya bisa dibuat obat dalam, bisul, maupun biduran 

Jadi bisa disimpulkan, sesuatu yang dianggap sampah, belum tentu sesuatu itu merugikan dan tidak bermanfaat, seperti eceng gondok, jika kita mampu memanfaatkannya, sesuatu yang dianggap tidak berguna-pun mampu menghasilkan sesuatu. Maka dari itu, jagalah lingkungan mulai dari sekarang :)

| Kincir Hijau - Tumbuh Berbagi Kehidupan |

No comments:

Post a Comment