Thursday, December 12, 2013

Lemur Tikus-Hewan Asli Madagaskar dan Singapuar-Hewan Asli Indonesia

Hai Kawan Kincir :D
Kalian tau tentang Lemur tikus?

   
   
   Lemur tikus bukanlah tikus bernama lemur, melainkan lemur yang seukuran tikus kawan. Lemures di ambil dari  kata Latin berarti "hantu.Orang Malagasi secara tradisional dikaitkan primata ini dengan roh-roh karena mereka aktif di malam haridan mungkin karena menakutkantatapan bermata besar mereka.

   Ada delapan spesies tikus lemurdan beberapa telah diidentifikasi hanya dalam beberapa tahun terakhir.Ini adalah langka dalam penelitian primatadan menggambarkan betapa masih banyak yang harus diketahui tentang hewan-hewan yang menarik.

Seperti semua lemur, mouse lemur mendiami pulau Madagaskar di lepas pantai timur Afrika.Pygmy tikus lemur adalah primata terkecil di duniaKepala dan tubuhnya kurang dari dua setengah inci (enam sentimeterpanjangnya, meskipun ekornya sedikit lebih dari dua kali panjang itu. Ini terancam punah nokturnal lemur hidup di hutan kering Madagaskar barat dan jarang meninggalkan pohon hutanSedikit yang diketahui dari primata langka.

   Tikus lemur adalah penghuni hutan yang hidup dalam kelompok didominasi perempuan hingga 15 hewanMereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di pohon-pohondan dapat bergerak dengan lincah dari cabang ke cabang dan pohon ke pohonTikus lemur tidur tinggi pada siang hari dan di malam hari untuk pakan serangga, buah, bungadan tanaman lainnya.


   Primata ini beradaptasi menyimpan lemak di ekornya dan kaki belakangmembakar ketika hijauan rampingMereka dapat menyimpan hingga 35 persen dari berat badan mereka. Betina lebih rendah tikus lemur memasuki keadaan dorman selama musim kemarau Madagaskardari bulan April atau Mei-September atau OktoberWanita tidak aktif selama waktu ini dan mungkin tidak memberikan lubang pohon merekaSelama musim yang sama, bagaimanapunlaki-laki lebih aktifMereka mungkin membangun hierarki pemuliaanuntuk musim kawin datang.
Tikus lemur dilindungi dari perburuan, namun mereka masih ditangkap untuk perdagangan hewan peliharaan eksotisMereka yang paling terancam oleh hilangnya habitat hutan terbatas rumah Madagaskar mereka.


Sekarang, kalian sudah tau tentang 'Lemur Tikus', lalu mari kita lihat versi kartunnya :



Kalian pasti tau karakter kartun ini bukan? Ini adalah 'Mort' dari kartun 'Madagascar'. Mungkin karena hewan ini sangatlah lucu, hingga menginspirasi cerita dari kartun tersebut. Nah kawan, sekarang kita lihat lagi 'Lemur Tikus' versi Indonesia-nya :



   Jangan salah, Indonesia juga punya lemur tikus yang sekeren punya Madagascar kok. Lemur Tikus ini bernama Singapuar. Singapuar merupakan jenis primata terkecil di dunia dengan panjang tubuh sekitar 12-15 centimeter dan berat hanya 80-140 gram. Mata singapuar ini melebihi otaknya namun dapat melihat di kegelapan seperti halnya burung hantu. Hewan langka singapuar ini tersebar di daerah bagian selatan dan tenggara Sumatra , Riau dan Kalimantan.
   Indonesia memang negara yang kaya dengan berbagai macam SDA-nya dan kebudayaannya pula. Jadi, janganlah kawan berkecil hati terlebih dahulu jika menemui sesuatu yang berbeda dan dianggap melebihi milik Indonesia, karena, setiap negara memiliki ciri khas masing-masing. Terus berbanggalah kepada Indonesia. Tanam kebaikanmu dimanapun kau berada :)

KINCIR HIJAU | Tumbuh Berbagi Kehidupan

No comments:

Post a Comment